DOKTER KANKER BICARA SEDIKIT RAHASIA KANKER 


Penyedia jasa pelayanan kesehatan memiliki rahasia tentang kanker payudara yang tidak boleh dikatakan kepada kita seperti tertulis di dalam buku “What Your Doctor May Not Tell You About Breast Cancer“ karya John R. Lee, M.D.,  dokter penulis buku  Amerika Serikat.  Buku tersebut berisi tentang Apa Yang Tidak Boleh Dokter Katakan Kepada Anda Tentang Kanker Payudara, seperti apa yang terjadi terhadap pelayanan kanker payudara di Amerika Serikat. 

Seperti beliau katakan di dalam bukunya bahwa Karya dokter Lee ini didedikasikan untuk semua wanita yang telah kehilangan nyawanya karena kanker payudara, dan terhadap semua wanita yang sedang berjuang melawan kanker payudara.  Dokter Lee menulis berdasarkan fakta-fakta yang terjadi di Amerika Serikat tentang  pergolakan antara sisi kemanusian beliau sebagai seorang dokter dengan tujuan pemulihan dan pencegahan kanker payudara, dan fakta-fakta medik Amerika Serikat. Semoga hal-hal berikut ini TIDAK terjadi di Indonesia.  

BEBERAPA PELAJARAN BERHARGA DARI ROBERT LEE, M.D.

Tulisan ini kami harap dapat menjadi pembelajaran bagi kita untuk kita bersikap bijaksana. Dan buku inilah salah satunya yang telah menginspirasi Ibu Farida Nilawati dan keluarga untuk berpikir bijak ketika terdiagnosa menderita fibroadenoma pada payudara kanannya,  mioma uteri, kista ovarium, dan polip serviks pada tahun 2009. Oh ya buku karya Robert Lee, M.D. tersebut  kami beli di bandara Surabaya pada tanggal 26 Oktober 2007 dalam perjalanan ke Makassar, dan kami telah selesai membacanya dalam waktu satu bulan, jauh sebelum Ibu Farida Nilawati terdeteksi mengidap kelainan-kelainan organ reproduksi tersebut di atas.  

Tulisan Asli 

Your risk of surviving malignant breast cancer is just about the same as it was 50 years ago, when the only treatment was mastectomy: about one in three. In other words, depite billions of dollars in research and hugely expensive and risky treatments, the conventional medical approach to breast cancer isn’t working, and talk of prevention is virtually nonexistent. (p. xiii)

Terjemahan

Resiko anda untuk selamat dari kanker payudara ganas adalah sama dengan resiko pada 50 tahun yang lalu, ketika satu-satunya penanganan adalah mastektomi (operasi pengangkatan payudara - penterjemah): sekitar satu dari tiga orang. Dengan kata lain, meskipun bermilyar-milyar dollar telah dihabiskan di dalam penelitian dan penanganan yang sangat mahal dan beresiko, pendekatan medik konvensional terhadap kanker payudara tidak jalan, dan pembicaraan tentang pencegahan benar-benar tidak ada.

Tulisan Asli

We wrote this book because we believe it’s time for conventional medical doctors to admit that breast cancer treatments aren’t working, and to have the courage to step forward and try new approaches. It’s time for them to stop updating their medical education with information from drug company representatives and journals funded by drug companies;  to start revisiting their biochemistry tekbooks; to spend regular time on Medline keeping up with current research; and to at least be open to discussing and exploring alternative methods of treatments with pasients who want to choose this path. It’s time for physicians to work in cooperatin with alternative health care professionals (and vice versa), and for each type of healer to take advantage of the strengths of the other.  (p. xiv)

Terjemahan

Kita menulis buku ini karena kita percaya bahwa inilah saatnya bagi para dokter medik konvensional untuk mengakui bahwa penanganan kanker payudara tidak jalan, dan untuk memiliki kemauan untuk melangkah ke depan dan mencoba pendekatan-pendekatan baru. Inilah saatnya bagi mereka untuk berhenti memperbaharui pendidikan medik mereka dengan informasi dari para perwakilan perusahaan obat dan jurnal-jurnal yang dibiayai oleh perusahaan-perusahaan obat; mulai membuka kembali buku-buku pegangan biokimia mereka; menghabiskan waktu secara reguler bersama Medline untuk mendapatkan informasi tentang penelitian terkini; dan paling tidak untuk terbuka untuk mendiskusikan dan menulusuri metode-metode penanganan alternatif bersama pasien yang memilih jalan alternatif ini. Inilah saatnya bagi pada dokter untuk bekerjasama dengan para profesional perawatan kesehatan alternatif (dan begitu juga sebaliknya), dan bagi masing-masing pelaku upaya pemulihan untuk mengambil manfaat dari kekuatan masing-masing. 

Tulisan Asli

It’s the time for oncologists to look beyond radiation and chemotherpy, and for research facilities to take risks, think outside the dots, and make healing more important than the financial bottom line. It’s time for those giving the money to find scientists and physicians who will work outside the influences of drug companies, because the majority of current breast cancer research seems to be about making money selling drugs, and that’s  not where the cure for breast cancer lies. (p. xiv)

Terjemahan

Inilah saatnya bagi para onkologis untuk melihat diluar radiasi dan kemoterapi, dan bagi fasilitas-fasilitas penelitian untuk mengambil resiko, berpikir di luar titik-titik, dan membuat pemulihan lebih penting daripada kepentingan finansial. Inilah saatnya bagi mereka yang memberikan uang  untuk menemukan ilmuan-ilmuan dan dokter-dokter yang mau bekerja diluar pengaruh perusahaan-perusahaan obat, karena sebagian besar penelitian tentang kanker payudara sekarang kelihatannya hanya tentang menciptakan uang dengan menjual obat-obatan, dan bukan di situ tempatnya penyembuhan  kanker payudara terletak.

Tulisan Asli

It’s also the time for women to become aware that conventional medical cancer treatments aren’t working, and to avoid slipping passively into the cancer industry machinery-only to be spit out at the other end, permanently damaged and still with no reasonable assurance of survival. Women with breast cancer need to be supported in demanding their right to be fully informed about the treatments they recieve, and to be able to refuse treatment if they-through education or intuition-feel it’s wrong for them, without being “disowned“ by the medical system.  (p. introduction)

Terjemahan

Inilah saatnya juga bagi para wanita untuk waspada bahwa penanganan-penanganan kanker secara medik konvensional tidak jalan, dan untuk menghindari tergelincir secara passif ke dalam mesin industri kanker-hanya membuang ludah di ujung yang lain, rusak secara permanen dan masih dengan tanpa jaminan keselamatan. Wanita-wanita dengan kanker payudara perlu mendapat dukungan di dalam menuntut hak mereka untuk mendapat informasi yang lengkap tentang penanganan-penanganan yang mereka terima, dan untuk mampu menolak penanganan jika mereka - melalui pembelajaran atau naluri – merasa penanganan tersebut adalah salah bagi mereka, tanpa dipungkiri oleh  sistem medik. (hal. pengantar)

Why We Can’t Seem to Prevent or Cure Breast Cancer

Mengapa kelihatannya kita tidak bisa mencegah atau meyembuhkan kanker payudara

Tulisan Asli

Why is modern medicine going nowhere in its attemps to treat breast cancer ? Our research has found that the answer to this question lies primarily with the politics of medicine, the cancer industry, and the industries that create the pollutants that contribute to breast cancer. We believe that the only way to truly prevent and treat breast cancer is to go outside the current way of doing things in medicine and stop the wholesale pollution of our planet with petrochemicals, but the forces that would keep things the same are very powerful and entrenched. That’s why, just as they did with hormone replacement therapy (HRT), women need to educate themselves about pollutants, about breast cancer, and about alternative treatments. They need to rebel against ineffective and harmful treatment, and  do what they can to teach their doctors. (p. 3)

Terjemahan

Mengapa kedokteran moderen sama sekali belum berhasil di dalam upaya-upayanya  untuk menangani kanker payudara? Riset kita telah menemukan bahwa jawaban terhadap pertanyaan ini pada dasarnya terletak politik medik, industri kanker, dan industri-industri yang menciptakan polutan yang memiliki andil terhadap kanker payudara. Kita percaya bahwa satu-satunya cara untuk mencegah dan menangani kanker payudara adalah keluar dari tata cara yang dilakukan oleh medik sekarang dan hentikan semua pollutan di atas planet kita dengan petrokimia, tetapi kekuatan-kekuatan  yang membuat keadaan tetap tidak berubah adalah sangat kuat dan berurat-berakar. Itulah sebabnya, seperti apa yang telah mereka lakukan terhadap terapi penggantian hormon (HRT), para wanita perlu mendidik dirinya sendiri tentang pollutan, tentang kanker payudara, dan tentang penanganan-penanganan alternatif.  Para wanita perlu memberontak melawan penanganan yang tidak effektif dan berbahaya, dan melakukan apapun yang mereka bisa untuk mengajarkan dokter-dokter mereka. 

Tulisan Asli

Over the past few decades, conventional medicine has done very little to make any meaningful difference in what will happen to you if you get breast cancer, and virtually nothing it has  done has reduced the incidence of the disease. The harsh reality is, if you get breast cancer, you’ll get more treatment than you did 50 years ago, you and your insurance company will spend a lot money, and if it’s fatal you may gain a few months of life (usually of very poor quality), but statistics clearly tell us that conventional medicines for treating breast cancer sucs as tamoxifien, radiations, and chemotherapy just aren’t working in the long run. The way breast cancer is currently treated is a way of doing something in the face of not knowing what else to do. If you have an invasive or nonlocal breast cancer, your chances of dying from it are still about one in three, the same as the have been for decades. (p. 4)

Terjemahan

Sudah berpuluh-puluh tahun, kedokteran konvensional melakukan sangat sedikit upaya untuk membuat perbedaan yang berarti dalam hal apa yang akan terjadi kepada anda jika anda terserang kanker payudara, dan ternyata tidak ada yang telah dilakukan oleh kedokteran konvensional yang dapat mengurangi insiden penyakit tersebut. Kenyataan kasarnya adalah jika anda terserang kanker payudara, anda akan mendapatkan lebih banyak perlakuan daripada apa yang telah dilakukan 50 tahun yang lalu, anda dan perusahaan assuransi anda akan mengeluarkan banyak uang, dan jika kanker payudara tersebut fatal maka anda akan bertahan hidup beberapa bulan saja (biasanya dengan kualitas hidup yang sangat jelek), tetapi statistik-statistik dengan jelas memberitahukan kita bahwa kedokteran konvensional untuk menangani kanker payudara seperti penggunaan tamoxifien, radiasi, dan kemoterapi tidak jalan dalam jangka panjang. Tata cara penanganan kanker payudara sekarang merupakan tata cara melakukan sesuatu  karena tidak tahu apa lagi yang dapat dilakukan. Jika anda menderita kanker payudara invasif atau nonlokal, kesempatan anda untuk meninggal dunia dari kanker payudara tersebut hanya sekitar satu dari tiga orang, sama seperti kesempatan pada berpuluh-puluh tahun yang lalu.

POLITIK INDUSTRI KANKER PAYUDARA

Tentang politik industri kanker payudara, Robert Lee, M.D.  menulis.

Tulisan asli

To get the the bottom why progress isn’t being made in preventing or treating breast cancer, it’s important to consider the breast cancer industry and what make it tick. The detection and treatment of breast cancer is hugely profitable in the United States, generating billions of dollars a year. All those mammograms, biopsies, lumpectomies, and mastectomies, and all that chemotherapy, radiation, and tamoxifien, create a substantial income stream for hospitals, physicians, their support staff, those who make all the equipment, and especially those who make the drugs. And that doesn’t even take into consideration all the research being done that’s funded by the hundreds of millions of dollars donated to nonprofit breast cancer organizations. (p. 20).

Terjemahan

Untuk masuk ke dasar mengapa tidak ada kemajuan di dalam pencegahan dan penanganan kanker payudara, penting untuk mempertimbangkan tentang industri kanker payudara dan apa yang membuat industri tersebut bergerak. Deteksi dan penanganan kanker payudara sangat menguntungkan di Amerika Serikat, dengan perputaran uang milyaran dollar per tahun. Semua hal tentang mamografi, biopsi, lumpektomi (operasi pengangkatan tumor – Pen.), dan mastektomi (operasi pengangkatan payudara –Pen.), dan semua tentang kemoterapi, radiasi, dan tamoxifien menciptakan arus pendapatan yang sangat substansial  bagi rumah sakit, para dokter, staf pendukung mereka, mereka yang membuat semua peralatan, dan khususnya mereka yang membuat obat-obatan. Dan kenyataan ini bahkan tidak mempertimbangkan tentang seluruh riset yang telah dilakukan yang dibiayai dengan beratus-ratus juta dollar yang didonasikan kepada organisasi-organisasi non-profit untuk kanker payudara. 

SEBUAH KUTIPAN INSPIRATIF TENTANG KANKER 

Dikutip dari buku “The Cure for All Advanced Cancers” oleh Hulda Regehr Clark, Ph.D., N.D. buku yang menjelaskan secara ilmiah tentang penyembuhan semua kanker tingkat lanjut.

Beliau mengatakan bahwa Cancer can now be CURED, not just treated  (sekarang kanker dapat DISEMBUHKAN, tidak hanya ditangani). We are not accustomed to thingking about a cure for cancer. Kita tidak terbiasa untuk berpikir tentang penyembuhan kanker. 

Sekarang marilah kita membiasakan diri untuk berpikir tentang pencegahan dan pemulihan tubuh dari kanker payudara dan kanker-kanker lainnya secara bijaksana. Spanaturo siap membantu Anda semuanya.